Select Menu

Mandalika Lombok Travel

Select Menu

Nasional

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.

Lensa Bicara

Ekonomi

Politik

Hukum

Budaya

Sosial

Nusantara

Olahraga

» » AKTUALISASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK REMAJA YANG SMART DAN KREATIF


suara revolusi 07.27.00 0

Terlintas dibenak setiap orang tua atau wali murid akan sebuah obsesi terbentuknya karakteristik yang kuat bagi putra putri mereka yang sedang menimba ilmu di bangku sekolah. Segudang ekspektasi di hembuskan di setiap kesempatan akan lahirnya sebuah generasi emas yang akan membuka gerbang masa depan yang cerah bagi anak-anak Indonesia.

 Oleh: Asmarani Pamela Paganini

SUARA REVOLUSI.COM- Berbagai usaha telah dilakukan oleh para pemegang otoritas dunia pendidikan di Indonesia guna memajukan pendidikan di seluruh tanah air, seperti yang diamanatkan dalam pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga menjadi sebuah keharusan bagi negara ini untuk mengusahakan segala hal yang terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan cita-cita tadi. Pendidikan adalah komponen paling mendasar yang harus ada dalam sebuah visi pembangunan manusia (SDM) yang seutuhnya, karena dari dunia pendidikan yang komprehensif dan berkualitas akan melahirkan sumber daya manusia yang berdaya guna dan berakhlak yang nantinya menjadi pilar-pilar penopang kemajuan suatu bangsa.
            Di samping pendidikan formal berupa kurikulum akademik di sekolah tidak dapat dipandang sebelah mata bahwa pendidikan informal pun sangat dibutuhkan. Mengingat persaingan di segala sektor sudah menunjukkan tingkat kompetisi yang progresif. Intelektualitas yang ditunjang oleh kreatifitas serta skil yang mumpuni akan memberi nilai lebih bagi personal-personal yang mampu menggabungkan kedua hal tadi.
            Kegiatan ekstrakurikuler terlepas dari apapun jenis dan bentuk kegiatannya amat sangat memberi kontribusi positif bagi pengembangan kreatifitas dan kepercayaan diri bagi pelajar dan remaja yang akan memasuki usia produktif yang tentunya akan menjadi salah satu kompetitor dalam segala bidang kehidupan. Definisi dari ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan pada siswa agar dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan lainnya di luar bidang akademik. Secara khusus ekstrakurikuler bertujuan untuk:
  1. Menyediakan lingkungan yang memungkingkan siswa didik untuk mengembangkan potensi, bakat dan kemampuannya secara optimal.
  2. Memandu (artinya mengidentifikasi dan membina) dan memupuk (artinya mengembangkan dan meningkatkan) potensi-potensi siswa secara utuh.
  3. Pengembangan aspek afektif (nilai moral dan sosial) dan psikomotor (keterampilan) untuk menyeimbangkan aspek kognitif siswa.
  4. Membantu siswa dalam pengembangan minatnya, juga membantu siswa agar mempunyai semangat baru untuk lebih giat belajar serta menanam rasa tanggung jawabnya sebagai seorang manusia yang mandiri (karena dilakukan di luar jam pelajaran).
            Ada beberapa jenis ekstrakurikuler yang umumnya ada di sekolah yakni :
Ekstrakurikuler olahraga, Ekstrakurikuler seni musik, Ekstrakurikuler seni tari, serta      Ekstrakurikuler lainnya.
            Adapun dampak positif dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yaitu:
Siswa dapat mengembangkan potensi bakat dan minat yang sudah dimiliki, dapat memupuk dan mengembangkan rasa tanggung jawab pribadi dan sosial, dapat menciptakan suasana rileks, gembira, dan menyenangkan, dapat memberikan bekal untuk mempersiapkan karir siswa.
            Kegiatan ekstrakurikuler dapat dilaksanakan dengan memilih salah satu dari beberapa opsi yang dapat diterapkan dengan mempertimbangkan efektifitas waktu, ketersediaan sarana dan prasarana, tenaga pengajar atau pembina serta jarak yang harus ditempuh siswa ke tempat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Misalkan, kegiatan bisa dilakukan pada sore hari sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar siswa atau memilih hari libur sehingga waktu yang tersedia relatif lebih leluasa. Sekolah sebagai lembaga penyelenggara wajib menyediakan tenaga pengajar yang memiliki kopetensi dibidangnya sehingga kegiatan bisa dikelola dengan lebih efektif baik dari segi waktu maupun hasil yang hendak di capai. Begitu pula dari pihak siswa sendiri harus pro aktif dan memiliki inovasi dengan menjadikan kegiatan ini sebagai wadah pengembangan bakat dan kreatifitas siswa agar mampu mengaktualisasikan hal-hal positif yang semestinya dapat kita gali dari kegiatan ini.
            Dari uraian di atas sekiranya dapat kita pahami bahwa betapa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dapat membantu kita para siswa untuk menyalurkan bakat, di samping sebagai sarana bersosialisasi untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri serta memupuk mental disiplin dan bertanggung jawab. Semestinya kegiatan ini dijadikan agenda utama selain kegiatan akademik karena intelektual yang tinggi tanpa didukung mentalitas yang kuat dan karakter tanpa menyerah maka tidak akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi seorang siswa terlebih lagi di era kompetisi yang semakin ketat ini yang di tunjukan dengan perubahan yang demikian cepatnya di dunia informasi dan teknologi menuntuk kesiapan fisik, mental, dan skil agar kita bisa memenangkan dunia persaingan ini. Indonesia negara yang besar ini telah menyediakan sumber daya alam yang melimpah, tinggal kita memilih mengambil posisi sebagai pemeran utama atau hanya sekedar penonton yang hanya bisa menjadi saksi bisu dari setiap kesuksesan yang dapat kita raih.
            Berangkat dari kesimpulan di atas ada beberapa hal yang wajib kita angkat menjadi isu global, bahwa kegiatan ekstrakurikuler sudah menjadi kebutuhan di setiap sekolah untuk mendukung prestasi di setiap sekolah. Perkembangan bisnis kreatif dewasa ini menawarkan tantangan yang terbuka lebar untuk siapapun yang siap. Misalkan, industri musik telah menjadi booming di setiap lapisan masyarakat tanpa dibatasi ruang dan waktu, keterampilan olahan barang-barang daur ulang bisa menjadi sumber pendapatan rumah tangga, prestasi olahraga tak kalah mampu memberikan penghasilan finansial bagi pelakunya. Hal-hal seperti inilah yang embrionya kita dapatkan dari mengikuti program-program ekstrakurikuler secara rutin dan berkesinambungan di setiap sekolah-sekolah tempat kita menuntut ilmu.
            Menjadi pekerjaan rumah kita bersama untuk menjadikan kegiatan ekstrakurikuler menjadi kegiatan yang harus ada dan dikelola secara profesional di setiap tingkatan dunia pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi, sehingga kelak ke depan pelajar-pelajar maupun mahasiswa-mahasiswa yang menamatkan pendidikannya telah memiliki bekal yang cukup untuk terjun dalam dunia kerja maupun dunia bisnis  sesuai keterampilan masing-masing.
            Tulisan singkat ini bertujuan menitipkan pesan saran dan masukan untuk penyelenggara pendidikan baik dibangku sekolah maupun dinas terkait di pemerintahan agar melakukan hal-hal nyata di antaranya: mendukung kegiatan ekstrakurikuler dengan menyediakan dana untuk setiap sekolah dalam memenuhi sarana dan prasarana kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, mengadakan sebuah acara atau lomba di mana siswa dapat memperlihatkan hasil dari kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti, sehingga siswa dapat lebih semangat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut, tetapi sering kali lomba-lomba yang diadakan terlihat kurang persiapan yang menyebabkan adanya kecurangan, selain itu karena kurangnya persiapan para peserta menjadi kurang semangat dan bingung saat mengikuti lomba yang diadakan.
            Kembali mengingatkan akan pentingnya kegiatan penunjang ini, tidak ada salahnya kita menengok sedikit ke belakang bahwa pendidikan adalah cikal bakal kemajuan suatu bangsa, dia menjadi hak bagi setiap warga negaranya, sudah semestinyalah amanat Pembukaan Undang-undang Dasar tadi kita realisasikan untuk generasi bangsa tercinta ini.*****
            

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply