Select Menu

Mandalika Lombok Travel

Select Menu

Nasional

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.

Lensa Bicara

Ekonomi

Politik

Hukum

Budaya

Sosial

Nusantara

Olahraga

» » Finalis DAI Muda ANTV M. Hizbullah Mengakhiri Masa Lajang


suara revolusi 11.33.00 2

Ustad Muhammad Hizbullah dan Istri 
SUARAREVOLUSI-Pernikahan merupakan ikatan yang sangat sakral. Sakral diartikan sebagai ikatan bukan hanya ikatan dua manusia (kedua mempelai) saja akan tetapi ikatan (perjanjian) dengan sang Khalik atau pencipta. Pernikahan juga merupakan setengah dari agama. Pernikahan menjadi suatu hal yang sangat fundamental dalam mengikat seorang keturunan Adam dan Hawa menjadi manusia seutuhnya di hadapan Tuhan.

Pernikahan salah satu finalis DAI Muda Pilihan ANTV 2012 kini melepas masa lajangnya dengan seorang wanita pilihan hatinya yang sudah terpahat di Lauhul Mahfuz. Dia dipertemukan dengan seorang wanita muda nan cantik jelita yang menjadi tulang rusuknya setelah ia menginjak usia 26 tahun. Lama menanti tulang rusuknya yang tercecer pada akhirnya bertemu dengan seorang wanita yang berasal dari daerah yang dikenal dengan negeri seribu masjid.

Menghabiskan banyak waktu di ibu kota Jakarta menjadi jalan hidup yang ia tempuh saat ini. Berasal dari kampung terpencil yang jauh dari hingar bingar kota menjadikan dirinya bangkit untuk merubah jalan hidupnya. Berasal dari keluarga yang pas-pasan, kini hanya ibu yang ia miliki untuk berkeluh kesah dan bercanda ria. Almarhum bapaknya (H. Muhammad Anwar) meninggalkannya sejak masih kecil akan tetapi tidak menyurutkan azamnya untuk terus menuntut ilmu. Ketika detik-detik almarhum bapaknya akan meninggal dunia, dia berpesan kepada kedua kakaknya bahwa jangan sampai adiknya (Muhammad Hizbullah) berhenti sekolah, mereka harus memperjuangkan adiknya sampai selesai sekolah. Pesan moril yang disampaikan bapaknya, ia pegang erat  menjadi motivasi hidup yang terus melekat pada dirinya hingga saat ini.

DAI Muda Muhammad Hizbullah ini memang mempunyai talenta dan intelektualitas yang tinggi terlihat sejak masuk Madrasanah Tsanawiyah di Aikmual Lombok Tengah. Menjadi bintang kelas menjadi langganan setiap pengumuman kenaikan kelas dan berlanjut sampai Madrasah Aliyah di Pancor Lombok Timur. Prestasi demi prestasi dia ukir yang mengantarkan ia berkesempatan mencicipi kuliah di Timur Tengah Libya. Arab spring yang terjadi di timur tengah berdampak pada pendidikan yang ia tempuh dan akhirnya mengandaskan ia mendapatkan gelar sarjananya di Libya. Sejak krisis atau perang terjadi di Libya, semua mahasiswa Indonesia yang belajar di sana dipulangkan untuk menghindari keadaan genting dan termasuk ia yang ikut balik ke Indonesia. Setelah pulang dari sana ia melanjutkan study S1 nya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan langsung menyelesaikan pasca sarjana (S2) di tempat yang sama dengan konsentrasi komunikasi daqwah.

Talenta, skill komunikasi yang baik serta ilmu agama yang mempuni sehingga ia terpilih menjadi 20 finalis DAI Muda Pilihan ANTV dari sekian ribu kontestan yang ikut bertanding untuk mendapatkan 20 besar. Menjadi kontestan DAI Muda Pilihan ANTV yang tampil di layar lebar live di stasiun TV swasta nasional ANTV. Sejak saat itulah  ia menjadi buah bibir yang terus viral di gumi gora NTB dan DAI Muda ini dikenal seantero Indonesia dengan gaya ceramah yang tegas dan lugas menjadi salah satu ciri khas yang menonjol pada dirinya. Dengan perjuangan dan kesabaran yang ekstra dalam mengikuti lomba yang sangat kompetitif, ia mampu finish di tujuh besar dalam lomba tersebut. Mengikuti Lomba DAI Muda Pilihan ANTV menjadi quantum dalam hidupnya untuk terus belajar dan belajar. Paska lomba penawaran job untuk ceramah atau mengisi acara menjadi aktivitas yang ia lakukan sembari menyelesaikan study nya. Dari satu panggung ke panggung yang lain, dari satu daerah ke daerah yang lain untuk menyampaikan tablig menjadi rutinitasnya. Saat ini DAI Muda Muhammad Hizbullah menjadi Host di stasiun TV pemerintah TVRI Jakarta.

“Cerita Pertemuan Dengan Belahan Jiwa”

Kata orang kalau jodoh itu tidak akan kemana-mana akan tetapi kalau kita tidak kemana-kemana kita tidak akan menemukan jodoh. Hidup, Mati, Rizki dan Jodoh sudah diatur sama Tuhan, manusia hanya bisa menjalaninya saja. Dari empat items yang sudah diatur sama Tuhan, manusia di tuntut untuk terus berusaha mendapatkannya sesuai dengan firmanNya dalam surat Ar-Ra’d ayat 11 yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri”. Perkara jodoh juga harus diusahakan sekuat tenaga untuk mendapatkan tulang rusuk yang sudah di takdirkan Tuhan.

Saat berbincang santai dengan Muhammad Hizbullah ia menceritakan kisah pertemuannya dengan sosok belahan jiwa yang kini menjadi istrinya. Kisah cintanya dipertemukan sama Allah ketika ia mengisi pengajian pada perkumpulan mahasiswa yang tergabung dalam mahasiswa NW yang kuliah di UIN Syarifhidayatullah Jakarta. Saat ia mengisi pidato ada sosok wanita yang senyum simpul ketika ia menyampaikan tausiahnya, dari sanalah cinta tumbuh dan bersemi dari senyum simpul yang menyilaukan hati sang DAI Muda ini. Berlanjut dari pandangan pertama yang menyisakan tanda tanya DAI Muda ini terus mencari tahu pemilik senyum simpul yang mempesonakan hatinya.

Ternyata, telisik demi telisik pemilik senyum simpul itu adalah Eva Anggriana Yunita yang berasal dari Lombok juga. Kebiasaan dan adat budaya yang sama menjadikan dua sejoli ini menjadi lebih dekat dan akrab. Pacaran bukan pilihan dua sejoli ini dalam membuktikan cintanya akan tetapi pernikahan menjadi pilihan dalam membuktikan cintanya. Kata pepatah cinta itu perlu bukti dengan memberikan buku nikah dan membuktikannya dengan duduk berdua di kantor Urusan Agama (KUA) dengan mengucapkan ijab kabul. Dua sejoli Muhammad Hizbullah dan Eva Anggriana Yunita melangsungkan janji suci pernikahan di kediamanya di Dusun Pondok Songkar Sabtu 11 Maret 2017 tepat pukul 11:30 wita. Dua sejoli kini sudah menjadi pasangan yang sah. Menariknya maskawin yang di minta oleh mempelai wanita adalah seperangkat alat sholat, emas dan hapalan surat Ar-Rahman. Dengan suara emasnya Muhammad Hizbullah melantunkan surat Ar-Rahman dengan merdunya yang membius masyarakat yang menyaksikan akad kedua mempelai ini.

Juara DAI Muda Pilihan ANTV Menyampaikan Nasihat Perkawinan

Siapa sangka pemenang DAI Muda Pilihan ANTV menyampaikan nasihat pernikahan kepada kedua mempelai yang datang jauh-jauh dari Jakarta. Ustad Azhari Nasution sang pemenang lomba DAI Muda Pilihan ANTV menyempatkan waktunya untuk datang ke Dusun Pondok Songkar untuk menyaksikan perjanjian sakral yang akan di ucapkan oleh sahabatnya Muhammad Hizbullah. Dalam nasihat perkawinannya Ustad Azhari memulainya dengan lantunan sholawat yang dibarengi dengan pantun yang membuat para hadirin tertawa. Pantun yang ia sampaikan khas candaan atau guyonan kepada seorang pengantin baru sehingga menyegarkan suasana hadirin para saksi dan tamu undangan.

Isi nasehat yang disampaikan ustad Azhari tentang kata dari nikah yang terdiri dari tiga hurup. Yang pertama hurup “Nun”, hurup nun yang artinya niat. Niat pernikahan ini harus lurus karena Allah dan pernikahan adalah setengah dari agama. Ketika umat manusia melaksanakan pernikahan maka sempurna ia dalam beragama. Hurup yang kedua adalah “Kaf” kaf artinya kafiah tata cara atau aturan. Dalam memilih jodoh Nabi Muhammad SAW memberikan empat hal yang  harus di perhatikan yang pertama lihatlah hartanya kedua keturunannya ketiga lihatlah kecantikannya dan yang keempat lihatlah agamanya. Ketiga hurup “Ha” ha artinya hikmah. Hikmah dari pernikahan adalah melihat kebesaran atau keagungan Allah. Dalam nasehatnya ia juga menambahkan pernikahan itu mendatangkan rizki yang banyak dan berkah. Dengan pernikahan itu juga, hati kita menjadi tenang dan suami istri itu ibarat sebuah baju yang saling melindungi, saling menutupi dan saling melengkapi kekurangan satu sama lainnya. Ustad Azhari tidak sendiri datang dari Jakarta di temani juga Ustad Habib Fadil Muhammad yang juga seorang finalis DAI Muda Pilihan ANTV. (SR01)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar Finalis DAI Muda ANTV M. Hizbullah Mengakhiri Masa Lajang

  1. Selamat menempuh hidup baru untuk M. Hizbullah semoga menjadi keluarga yang SAMAWA, dan bisa terus menyeruskan siar Islamnya.

    BalasHapus
  2. Subhanallah, sungguh indah cerita pertemuan M.Hizbullah dengan sang istri. Siapa sih yang tidak ingin menemukan pendamping hidup dengan cara yang indah ini.

    BalasHapus