Select Menu

Mandalika Lombok Travel

Select Menu

Nasional

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.

Lensa Bicara

Ekonomi

Politik

Hukum

Budaya

Sosial

Nusantara

Olahraga

» » Meningkatkan Pariwisata NTB yang OK, AHA dan WOW


suara revolusi 13.43.00 0

Uji Gaffar (Calon Ketua Umum DPD HPI NTB)
SUAREREVOLUSI-Lombok-Sumbawa merupakan salah satu destinasi wisata yang lagi hangat diperbincangkan baik di dunia nyata maupun di dunia maya wabil khusus pariwisata di Lombok. Lombok  dengan COMPARATIVE ADVANTAGE-nya (potensi alam) yang dimilkinya tidak perlu lagi diragukan keindahan dan keexsotisannya. Potensi keindahan alam  yang dititipi  oleh Tuhan ini kemudian penting dikelola serta dikembangkan secara professional sehingga menjadi kuat dan layak jual dalam memajukan perekonimian NTB saat ini.

Dampak kemajuan pariwisata mempunyai multiple effect ke sektor yang lainnya sebut saja sektor pertanian, perikanan, peternakan, home industry dan lainnya. Dengan potensi alam yang dimiliki ini tentunya juga harus  diimbangi dengan COMPETITIVE ADVANTAGE-nya (SDM) juga harus terus menerus dipoles dan dikembangkan pemahamannya tentang apa dan bagaimana seharusnya memberikan SEX (Sevice of Excellence). Semua elemen masyarakat NTB harus memiliki sense of belonging dalam merawat dan menjaga destinasi pariwisata itu sendiri.

Seluruh komponen manusia Lombok terutama  TRIPLE HELIX-nya ( Pemerintah, Asosiasi-Industri, dan masyarakat) harus memahami kemudian menjiwai hal tersebut, jika hal tersebut bisa terwujud maka mimpi bersama bahwa Lombok-Sumbawa akan menjadi destinasi wisata berkelas dunia bukanlah sesuatu yang mustahil tentunya. Seluruh komponen masyarakat terutama para stakeholder harus terus menerus diingatkan dan disemangati akan visi bersama tentang KEPARIWISATAAN NASIONAL yang menyatakan; TERWUJUDNYA INDONESIA SEBAGAI NEGARA TUJUAN PARIWISATA BERKELAS DUNIA, BERDAYA SAING, BERKELANJUTAN, MAMPU MENDORONG PEMBANGUNAN DAERAH DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

Ditetapkan nya MANDALIKA sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) harus disyukuri sebagai sebuah anugerah Allah buat masyarakat Lombok sehingga tidak abai bahwa hal tersebut adalah AMANAT yang senantiasa harus dijaga.Dengan segala potensi dan kelebihannya MANDALIKA pasti akan mendunia dengan catatan bahwa SDM NTB harus berkualitas. Disinilah peran strategis Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) untuk turut serta berperan aktif dalam meningkatkan kapabilitas dan kualitas masyarakat melalui penyampaian secara langsung oleh individu-individu Pramuwisata ketika mengadakan pemanduan ataupun secara kolektif yang diselenggarakan oleh HPI NTB dan Pemerintah.

Melihat kebutuhan tersebut insan-insan HPI NTB telah menginisiasi sebuah yayasan yang disebut YAYASAN SEHATI. Kenapa disebut yayasan Sehati karena Hati adalah filter atau penyaring dari Allah SWT. Seperti dalam lagu jagalah Hati Jangan kau Kotori Jagalah Hati Lantera Hidup ini. Yayasan Sehati  di harapkan menjadi EMBRIO insan insan HPI mengabdikan dan menyumbang pemikiran-nya yang Insya Allah nanti-nya akan menjadi LEMBAGA PENDIDIKAN  untuk sementara ini YAYASAN SEHATI masih menjadi SOCIAL-CORE nya HPI NTB. Sebagai asosiasi KEPARIWISATAAN  HPI NTB tentunya harus mampu menyerap dan memahami VISI KEPARIWISATAAN NASIONAL tsb diatas.

Melalui sektor pendidikan yang berkesinambungan (bukan hanya untuk menerbitkan lisensi) akan tetapi insan -insan HPI NTB harus tampil percaya diri dengan potensi KOMPETENSI yang dimiliki untuk berperan meningkatkan KEPARIWISATAAN  dari level OK (Get The Tourist) menjadi AHA (Keep The Tourist) dan puncaknya adalah WOW (Grow The Tourist). Inilah tujuan utama bagaimana destinasi terwujud menjadi destinasi yang WOW... destinasi yang sudah secara atomatis di-ADVOKASI oleh wisatawannya.***

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply